Bagaimana Cara Memilih Besi Beton

Istilah untuk besi beton pastinya telah tidak asing lagi di telinga Anda.
Tapi, apakah kamu mengetahui apakah sebenarnya besi beton itu? Besi Beton ialah besi yang biasa dipakai buat penulangan konstruksi beton atau lebih terkenal dikatakan sebagai beton bertulang. 
Besi Beton tulangan terhadap dasarnya mempunyai dua bentuk, yaitu besi polos (plain bar) serta besi ulir atau (deformed bar) Besi polos ialah besi yang mempunyai penampang bundar dengan permukaan yang licin atau tak bersirip. 

Sementara besi ulir ialah besi dengan bentuk permukaan berupa sirip melintang atau rusuk memanjang dengan pola terdefinisi jelas yang terikat terhadap sistem produksinya. 
Kaya gimana si metode memilih besi beton yang bermutu sebagai bahan utama konstruksi? Yuk simak artikel kami berikut ini 

Memperhatikan Jenis Besi Beton
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, besi beton memiliki dua jenis besi beton yaitu besi beton polos serta besi beton ulir. 
Masing-masing bisa berguna secara maksimal apabila tepat dalam memilih sesuai dengan fungsinya. menelisik karakteristik besi beton sebelum membelinya juga menjadi Perihal yang cukup penting.

Besi beton ulir mempunyai sifat yang susah dibentuk, sebagai contoh ketika hendak dibengkokkan. Perihal ini berhubungan dengan tegangannya yang cukup tinggi. 
Lain halnya dengan beton polos yang lebih gampang buat dibentuk. 
Besi beton yang bermutu memiliki status kekerasan yang amat baik. 
Buat mengukurnya Anda dapat memakaikan alat yang bernama "hardness tester".

Pabrik Besi Beton
Pabrik Besi Beton
Cara Mengecek Kondisi Besi Beton

Cara Mengecek keadaan besi beton menjadi langkah yang amat serius dilaksanakan, karna sudah termasuk salah satu syarat untuk menemukan besi beton bermutu. 
Metodenya ialah dengan menatap keadaan besi, apa berkarat atau tidak. Besi yang berkarat akan mempercepat proses kerusakan terhadap besi.

Besi yang berkarat juga amat sangat berbahaya buat kesehatan. 
Sebagusnya jauhi pemakaian besi yang telah berkarat. 
Pemakaian besi yang bebas karat akan berdampak baik buat menjaga kesehatan, disamping itu jenis besi dengan tidak karat juga lebih tahan lama. 

Menyesuaikan Ukuran Besi Beton

Besi beton banyak dipilih dengan tujuan supaya bangunan dapat lebih kuat serta tahan lama. 
Maka dari itu, sesuaikan ukuran besi dengan beban berat yang akan ditopangnya saat membeli besi beton. 
Untuk menjamin kekuatan struktur bangunan, sebagusnya pilih besi beton dengan diameter yang penuh serta sesuai dengan ukuran standar.
Ukuran standar besi beton ialah 12 meter. 
Buat diameternya sendiri, terkandung beberapa mulai dari ukuran 6mm, 8mm, 10mm, 12mm, 13mm, 16mm, 22mm, serta 25mm. 
Dengan angka real, paling tidak sesegera mungkin akan ada toleransi 0,2mm. 

Pemilihan Merk Besi Beton
Terhadap produk apapun, pasti terkandung merk-merk unggulan dengan nilai mutu yang terbaik. Demikian pula halnya dengan besi beton. 
Pilihlah merk-merk yang telah diantaranya dalam kategori Standar Nasional Indonesia (SNI). Biasanya, merk besi beton bisa ditinjau di permukaan besinya. 

Harga Besi Beton

Telah menjadi rahasia umum jikalau lazimnya nilai mutu barang berbanding lurus dengan harganya. Maksudnya adalah bila ingin membeli barang berkualitas, harganya pun lebih mahal ketimbang nilai mutu yang lebih rendah.
Perihal ini juga berlaku buat harga besi beton. 
Butuh dipahami jikalau merk-merk SNI di atas tentunya lebih mahal ketimbang dengan merk lain yang belum masuk kategori SNI.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama